√ Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Posted on
 Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot √ Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot – Kinerja laptop yang baik adalah responsive ketika digunakan, baik itu dalam kegiataan office dan multimedia. Namun gimana jadinya apabila laptop yang dipakai malah memiliki kinerja buruk alias lemot? Tentu tidak mengenakkan bukan. Nah oleh karena itu harus dicari tahu apa penyebabnya lalu bagaimana cara mengatasinya.

Umumnya laptop yang sering digunakan orang adalah dengan sistem operasi (OS) Windows 7, 8, dan 10. Ketika jenis windows itulah yang paling sering dipakai dan juga sering pula ditemukan dalam keadaan lemot. Sehingga perlu dicari cara untuk memperbaikinya. Namun sebelum itu kalian harus tahu apa yang menjadi penyebabnya.

Penyebab Laptop Lemot & Cara Mengatasinya

Masalah pada suatu komputer atau Laptop adalah kompleks jadi tidak bisa menyimpulkan hanya 1 penyebab yang membuat suatu laptop menjadi lemot. Oleh karena itu berikut adalah penyebab dan cara mengatasinya yang harus kalian ketahui.

1. Kapasitas RAM

 Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot √ Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot
Random Access Memory (RAM) adalah media penyimpanan sementara suatu komputer yang bekerja pada saat melakukan multi-tasking. Multitasking merupakan kegiatan membuka beberapa program atau aplikasi software di laptop komputer secara bersama-sama. Misal seperti membuka browser ‘chrome’, Ms. Word, Excel, Photoshop dan program lain secara bersamaan. Sehingga membuat kapasitas RAM menjadi penuh dan berakibat Laptop menjadi lemot.
Jika kalian masih bingung dengan cara kerja dari RAM, simak analogi sederhana berikut. Jadi Memori RAM adalah sebuah meja belajar dengan ukuran misal 1 x 2 meter dan program aplikasi dianalogikan sebagai buku. Apabila sebanyak 3 buku di taruh di meja tersebut maka tidak akan terjadi masalah, namun bagaimana jika diletakkan banyak buku buku sekaligus, pasti meja tersebut tidak akan muat. Nah seperti itulah cara kerja dari suatu memori Ram.

Cara Mengatasi

Jika beban penggunaan memori ram sudah tinggi bisa berakibat Laptop menjadi Crash / Not Responding. Agar masalah seperti itu segeralah untuk melakukan upgrade ram. Standardnya besar memori ram pada suatu komputer/laptop untuk saat ini adalah 4GB atau diatasnya akan lebih baik.
Harga dari ram dengan kapasitas 4GB rata-rata berkisar 400-ribuan saja. Tergantung darimana kalian membelinya dan jenis ram itu sendiri. Sebagai pengetahuan juga pada saat membeli ram pastikan kalian sudah tau persis seri dan jenis yang cocok untuk laptop milik kalian, jika tidak tau bisa bertanya kepada teman atau teknisi komputer.

2. Multi-Tasking Berlebihan

 Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot √ Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa membuka beberapa program komputer secara bersamaan dapat membuat laptop menjadi lemot karena memori ram terbebani. selain dengan cara upgrade ram kalian juga perlu memperhatikan seberapa besar pemakaian memory dari program yang dijalankan. Untuk mengatasinya silahkan simak penjelasan berikut ini.

Cara Mengatasi

Terlebih dahulu pastikan seberapa besar konsumsi ram dari program yang berjalan, caranya :
  • Buka Windows Task Manager dengan cara tekan kombinasi keyboard (Ctrl + Shift + Esc)
  • Setelah itu klik tab “Aplications” untuk melihat program yang berjalan
  • Untuk melihat pemakaian memori klik pada tab “Processes”
  • Sedangkan untuk mengakhiri atau menutup program yang memakan ram terlalu banyak secara paksa bisa dengan menekan tombol pada End Task (Klik Kanan)

Jika di Task Manager menunjukkan memory ram yang penuh, tetapi karena alasan tertentu kalian belum bisa meng-upgradenya, saya sarankan untuk tidak membuka program secara bersamaan terlalu banyak. (Tambahan info : kombinasi keyboard untuk membuka task manager di windows 7, 8, dan 10 sama)

Baca Juga:   Cara Download Dan Install Pubg Lite Pc - Cocok Untuk Pc Ber-Spek Rendah

3. Terlalu Banyak Membuka Tab Browser

 Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot √ Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot
Sama seperti multi-tasking, membuka tab pada saat internetan atau Online juga akan membuat laptop menjadi lemot. Jika laptop yang dipakai memiliki kapasitas memori Ram rendah, membuka tab browser dalam jumlah banyak akan membuat penyimpanan ram menjadi penuh dan bisa berujung nge-lag, hang ataupun not responding. Jadi untuk mengatasinya bisa dengan cara seperti berikut :

Cara Mengatasi

Cara paling optimal agar bisa membuka banyak tab pada browser yaitu dengan cara Upgrade ram. Namun jika belum bisa melakukan upgrade sebaiknya kalian gunakan browser sewajarnya saja. Dalam artian cukup 2 atau 3 tab saja, jangan lebih agar laptop tidak lemot dan lelet.

4. Add-On di Browser Berlebihan

 Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot √ Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot
Add-ons merupakan komponen opsional yang ada di browser laptop seperti Chrome dan Firefox. Keberadaan Ads-ons sangatlah membantu karena memberikan fitur-fitur tambahan yang tidak ada di browser aslinya. Namun terkadang orang tidak sadar bahwa mereka telah menginstall terlalu banyak add-ons di browser mereka, sehingga malah membuat komputer atau laptop yang dipakai menjadi super lemot.
Lemot yang disebabkan oleh Add-ons browser terjadi pada saat pengguna membuka browser, hal ini terjadi karena proses yang lakukan add-ons pada browser terlalu banyak sehingga membuat kinerja menjadi melambat. Oleh karena itu kalian perlu memperbaikinya. caranya adalah seperti di bawah ini.

Cara Mengatasi

Agar laptop tidak terasa berat karena banyaknya add-ons yang terinstall maka kalian perlu mengurangi beberapa yang tidak dibutuhkan dengan cara seperti ini.
  • [Browser Chrome] caranya klik tanda tiga titik (⋮) di pojok kanan kanan atas ⇒ More Tools ⇒ Extensions ⇒ Disable atau Remove Add-ons yang tidak penting.
  • [Browser Firefox] buka tab menu di pojok kanan atas (☰) lalu klik Pengaya/Add-Ons ⇒  Setelah itu hapus add-ons yang tidak diperlukan lagi.

5. Hard Disk Bermasalah

 Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot √ Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot
Hard disk atau HDD adalah media penyimpanan yang umum digunakan di setiap laptop maupun komputer. HDD bekerja secara mekanik dimana ada sebuah disk atau piringan yang selalu berputar pada saat bekerja. Karena bekerja secara mekanik dipastikan akan mengalami usang dan performa baca dan tulis data akan melambat, sehingga kalian perlu melakukan perawatan rutin agar hardisk tetap dalam keadaan prima. Cara agar laptop dan komputer tidak lemot karena kinerja Hdd bisa dilihat dibawah ini.

Cara Mengatasi

  • Lakukan maintenance secara rutin dengan cara “Disk Defragmenter” (klik windows lalu cari nama Disk Defragmenter)
  • Jangan Shutdown laptop secara paksa karena akan merusak hdd
  • Jika perlu ganti dengan SSD (Solid State Drive)

6. Banyak Menginstall Software

 Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot √ Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot
Sesuatu yang dilakukan secara berlebihan pasti tidak baik, begitu juga dengan komputer dan laptop. Menginstall terlalu banyak software sekaligus sangat tidak baik untuk kinerja dari suatu komputer, karena akan membuat ruang penyimpanan menjadi penuh dan membuat prosesor bekerja secara berlebihan. Sehingga bisa membuat kinerja laptop menjadi menurun dan ujung-ujungnya lemot. Lebih fatalnya lagi bisa sampai mengalami crash.

Cara Mengatasi

Cara agar kalian tidak mengalami masalah lebih serius adalah dengan cara uninstall beberapa software yang dianggap tidak berguna lagi. Sehingga runga penyimpang bisa lebih lega lagi, salah satu software yang bisa digunakan untuk membersihkan software sampai ke akar-akarnya adalah dengan memakai CC Cleaner. Baca selengkapnya di artikel berikut : Uninstall Program Aplikasi Sampai ke Akar-Akarnya, Gunakan Aplikasi Ini

7. Banyak Program di Startup

 Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot √ Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot
Pada setiap komputer berbasis Windows OS seperti Windows 7, Windows 8 dan Windows 10 ketika dihidupkan atau biasa disebut Start Up maka akan memuat beberapa program agar sistem berjalan dengan lancar. Dari beberapa program yang dimuat tersebut ada beberapa memang default secara secara sistem, namun ada beberapa juga dari software yang di install.
Jika kalian memiliki banyak software komputer yang di install maka kemungkinan juga booting akan semakin lama karena pada saat startup banyak program yang harus dimuat. Untuk itu kalian perlu menonaktifkannya demi kinerja dan performa laptop yang lebih baik.

Cara Mengatasi

  • Tekan kombinasi keyboard (Windows+R), lalu ketik msconfig
  • Klik pada tab Startup item lalu hilangkan semua centang
  • Klik Apply dan OK
  • Selesai

8. Terkena Virus

 Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot √ Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot
Setiap komputer yang ada di dunia ini memiliki potensi untuk terjangkit oleh virus selama memiliki kontak dengan pengguna lain, misa melalui flashdrive dan internet/Online. Virus sendiri memiliki banyak sekali jenis, mulai dari trojan, malware, adware dan lain sebagainya. Yang perlu diketahui adalah virus tersebut sangat merugikan.
Sebelum laptop kalian terkena serang virus lebih baik ikuti langkah pencegahan sederhana berikut.
  • Memasang Antivirus tambahan (misal : Smadav)
  • Jangan sembarang transfer file dengan flashdisk/flashdrive
  • Jangan mengunjungi situs yang tidak terenkripsi, contoh situs yang aman adalah memiliki https di urlnya
  • Rutin melakukan scanning dengan menggunakan antivirus

Cara Mengatasi

Jika laptop sudah terpapar virus, apa yang harus dilakukan? Ikuti beberapa tips berikut :
  • Pertama, lakukan scanning dengan antivirus, saya bisa memakai Malwarebytes, bisa didownload secara gratis melalui situs www.malwarebytes.com
  • Kedua, selagi sempat amankan semua file penting agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan
  • Ketiga, jika scanning tidak menyelesaikan masalah, kalian bisa melakukan System Restore
  • Keempat, jika ternyata masih belum berhasil, cara terakhir adalah dengan melakukan Install Ulang Windows

Lihat Juga : Cara Memperbaiki Komputer Dengan System Restore

Baca Juga:   Pengertian Server, Jenis - Jenis Server, Fungsi dan Manfaat Server Lengkap

PENUTUP

Jadi itulah Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya, dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa :

  • Agar komputer maupun laptop tidak mengalami lemot, ada 8 penyebab yang wajib kalian ketahui
  • Upgrade hardware seperti Ram dan SSD menjadi solusinya
  • Jalan terakhir untuk mengatasi lemot di laptop adalah Install Ulang sistem operasi
Semoga artikel ini bermanfaat, apabila ada kesalahan dalam penulisan ini mohon koreksi melalui komentar di bawah, sampai jumpa


Sumber Denp0n0 blog’ss/